Doa memohon Perlindungan saat Dalam Kondisi Terpuruk

Doa memohon Perlindungan saat Dalam Kondisi Terpuruk
Doa memohon Perlindungan saat Dalam Kondisi Terpuruk

CakrawalaSulsel – Berdoa ketika dalam keterpurukan atau dari kesedihan adalah salah satu jalan yang tepat untuk memohon perlindungan kepada sang pencipta. Menjalani kehidupan di dunia ini tentunya kita pernah mengalami kesedihan.

Banyak faktor yang membuat kita sedih, entah itu karena dililit hutang, atau hal lain. Olehnya itu penting kita berdoa untuk memohon perlindungan dari Allah Swt.

Saat kondisi seperti itu, tentu berat untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, kami akan menyajikan seputar doa bagi yang mengalami kesedihan untuk memohon perlindungan dari Allah Swt.

Dalam riwayat Abu Daud disebutkan bahwa Rasulullah Saw sering membaca doa ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti saat mengalami kesedihan.

Berikut doanya:

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kegelisahan dan kesedihan, serta beratnya hutang dan dikuasai musuh.”

Sementara dalam riwayat Bukhari dari Anas bin Malik ra, beliau berkata: Nabi Muhammad Saw pernah berkata:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan duka cita, lemah dan malas, pengecut dan kikir, dan terlilit hutang serta dikuasai musuh.”

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Mencium Istri ketika Sedang Berpuasa? Ini Penjelasan Para Ulama

Melansir dari laman, pecihitam.org, dalam kitab Fathul Bari karya Ibnu Hajar al-Atsqalani beliau menyebutkan bahwa doa ini dibaca saat dalam keadaan duka dan saat terjadi hal buruk yang menganggu pikiran, meskipun sudah terjadi di masa lampau.

Maka saat hati sedang sedih pun, dianjurkan untuk membaca doa tersebut, agar ekspetasi yang pernah dibangun dapat terlaksana kembali.

Di riwayat Bukhari pun disebutkan kembali bahwa sahabat Sa’ad biasa mengajarkan anak-anaknya bacaan doa ini sebagaimana yang diajarkan gurunya terhadap dirinya, yaitu:

“Sesungguhnya Rasulullah Saw berlindung dengan membaca, Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada serendah-rendahnya usia (pikun) dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur.”

Baca Juga: Sunnah Puasa Bulan Suci Ramadhan saat Makan Sahur dan Berbuka

Sebenarnya doa-doa tersebut dapat dipanjatkan kapanpun, tidak harus ketika hati sedang ambyar karena tujuannya adalah meminta perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari hal buruk yang mengganggu diri kita.

Ketiga doa diatas adalah contoh dari kumpulan doa-doa untuk memohon perlindungan diri dari sikap sedih, gelisah dan yang lainnya.

Sebenarnya solusi dari hati gelisa, selain membaca doa-doa diatas adalah selalu memasukkan energi-energi positif dalam diri. Serta berfikir positif bahwa apapun yang terjadi dalam hidup itu bersifat sementara.

Maka jika itu menggembirakan bersyukurlah, sebab ia tak akan bertahan lama, dan jika itu kesedihan, maka bersikaplah biasa saja, jangan berlebihan, sebab ia pun tak akan bertahan lama.

Yang terpenting adalah selalu lakukan hal positif terhadap orang lain, termasuk membantu sesama dalam hal kebaikan. Dan jika nantinya mendapat balasan yang negatif, maka tak perlu ambyar, karena itu adalah seni kehidupan.