6 Cara Mengobati Sakit Telinga yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

  • Bagikan
Cara Mengobati Sakit Telinga yang Bisa Anda Lakukan di rumah
Cara Mengobati Sakit Telinga yang Bisa Anda Lakukan di rumah

CakrawalaSulsel – Infeksi telinga adalah penyebab paling umum dari sakit telinga. Saat telinga terinfeksi, peradangan dan penumpukan tekanan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Selain itu, gejala lain yang menyebabkan infeksi telinga seperti tekanan sinus atau sakit tenggorokan karena infeksi dari area terdekat dapat memengaruhi telinga.

Namun, sakit telinga tidak selalu disebabkan oleh infeksi telinga. Kondisi lain juga bisa menyebabkan sakit di telinga, Misalnya sakit gigi bisa menyebabkan sakit pegal di telinga. Jika tidak diobati, infeksi telinga dapat menyebar ke rahang dan bagian tubuh lainnya.

Nah! Jika anda mengalami penyakit seperti ini yaitu sakit telinga, kali ini beberapa pengobatan yang Anda bisa lakukan di rumah untuk meredakan sakit telinga seperti dilansir dari, medicalnewstoday.

  1. kompres air hangat
    kompres air hangat dapat mengurangi peradangan dan nyeri di telinga dengan cara menempelkan bantalan hangat ke telinga selama 20 menit. Untuk hasil terbaik, Anda harus menyentuh leher dan tenggorokan dengan bantalan dari air hangat.
  2. Kompres dingin
    Kompres dingin dapat membantu meredakan sakit telinga. Cobalah membungkus es dengan handuk kertas atau membekukan kompres dingin dan kemudian menutupinya dengan kain tipis. Pegang ini ke telinga dan area di bawah telinga selama 20 menit.
    Beberapa orang menemukan bahwa panas menawarkan kelegaan yang lebih besar daripada dingin. Bagi yang lain, bungkus panas dan dingin secara bergantian (panas 20 menit, diikuti dengan 20 menit dingin) memberikan pereda nyeri terbaik.
  3. Pijat
    Pijatan lembut dapat membantu meredakan nyeri telinga yang menyebar dari rahang atau gigi, atau yang menyebabkan sakit kepala tegang. Anda dapat memijat area yang lembut, serta otot di sekitarnya. Misalnya, jika area di belakang telinga terasa sakit, coba pijat otot-otot rahang dan leher.
    Pijat juga dapat membantu meredakan nyeri akibat infeksi telinga. Cara melakukannya yaitu dengan gerakan ke bawah, berikan tekanan mulai tepat di belakang telinga dan ke bawah leher. Terus berikan tekanan ke bawah, teruskan ke depan telinga.
    Ini jenis pijat dapat membantu mengalirkan cairan yang berlebihan dari telinga, dan mencegah rasa sakit dari semakin buruk.
  4. Bawang
    Bawang dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit. bawang yang dimaksud tersebut yaitu: bawang bombay, bawang putih, bawang merah.
    Cara membuatnya:
    Panaskan bawang di microwave selama satu atau dua menit. Kemudian, saring cairannya dan oleskan beberapa tetes ke telinga. 
    Anda bisa berbaring selama 10 menit, dan kemudian membiarkan cairan keluar dari telinga. Ulangi ini sesuai kebutuhan.
  5. Bawang putih
    Bawang putih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk mencegah infeksi telinga, cobalah makan satu siung bawang putih setiap hari.
    Selain itu, bawang putih juga bisa dijadikan obat tetes telinga agar dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi semakin parah.
    Cara membuatnya:
    Masak dua atau tiga siung dalam dua sendok makan minyak mustard atau biji wijen hingga berwarna kecokelatan, lalu saring campurannya. Kemudian, oleskan satu atau dua tetes ke setiap telinga.
  6. ASI
    ASI memiliki sifat antimikroba juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada telinga yang sakit. Selain itu, ASI juga tidak menyebabkan efek samping yang serius.

Olehnya itu Anda dapat mencoba meneteskan beberapa tetes ASI di setiap telinga, dan mengulanginya setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

  • Bagikan