Persiapkan Masa Pensiun, Rutan Makassar dan Taspen Sosialisasi Ketaspenan

  • Bagikan
Persiapkan Masa Pensiun, Rutan Makassar dan Taspen Sosialisasi Ketaspenan
Persiapkan Masa Pensiun, Rutan Makassar dan Taspen Sosialisasi Ketaspenan

Makassar, RakyatNews.id – Rutan Kelas I Makassar bersama PT Taspen (Persero) Makassar melakukan sosialisasi ketaspenan terkait hak dan kewajiban bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Rutan Kelas I Makassar.

Kepala Seksi Pengelolaan, Andi Erdiyangsah Bahar mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan bagi ASN yang akan pensiun. Sehingga diharapkan lebih mengerti kewajiban apa yang harus dilaksanakan agar mendapatkan hak-haknya di hari tua kelak yang sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Lihat Juga: Bagikan Vitamin dan Masker, Karutan Harap Jajaran Rutan Disiplin Prokes dan Tingkatkan Imun

“Terutama kemudahan dan ketepatan dalam proses pengurusan surat keputusan pensiun dan pembayaran uang Taspen,” kata Andi Erdiyangsah Bahar, Selasa, (16/3).

Semantara itu, Manajer Layanan PT Taspen (Persero) Makassar Sugiyono menyampaikan bahwa Taspen tidak hanya membayarkan Dana Pensiun yang diberikan setiap bulan, tetapi juga memberikan jaminan lainnya.

“Seperti Asuransi Briguna yaitu jaminan bagi peserta dan anggota keluarga yang meninggal, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Taperum,” sebutnya.

Lihat Juga: Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2021 Dibuka Hari Ini

“Karena tiap bulannya peserta Taspen telah membayarkan kewajibannya sebesar 10% dari Gaji Pokok dan Tunjangan Keluarga untuk mendapatkan nilai tambah tersebut,” sambung Sugiyono.

Ditempat yang sama, Account Officer PT Taspen Makassar, Bella Octavia menjelaskan bahwa Taspen juga mempunyai program Taspen Save yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan ASN dan PBASN disaat mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) dengan manfaat Top Up Tunjangan Hari Tua (THT).

Lebih lanjut ia mengatakan, ASN yang mengikuti program Taspen Save akan mendapat tambahan 2 manfaat THT yaitu manfaat THT dari Taspen dan Taspen Save dari Taspen Life.

Lihat Juga: Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka, Cek Disini Formasi dan Syaratnya

“Barangkali jelang pensiun ada yang berniat mau berusaha, jangan bingung. Karena kami ada program untuk memfasilitasi bagaimana tetap produktif meski telah pensiun. Misalnya usaha mini market, usaha perkebunan, ternak lele,” ujarnya disambut antusias peserta. (*)

  • Bagikan