BCA Angat Bicara soal Akun Bodong Penipuan yang Bikin Geger di Twitter

  • Bagikan
BCA Angat Bicara soal Akun Bodong Penipuan yang Bikin Geger di Twitter
BCA Angat Bicara soal Akun Bodong Penipuan yang Bikin Geger di Twitter

Jakarta, RakyatNews.id – Direktur Utama PT Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja angkat bicara soal akun bodong yang tengah ramai dibicarakan netizen di jaringan sosial Twitter. Pasalnya, akun tersebut dikabarkan telah berupaya melakukan penipuan kepada nasabah.

Jahja Setiaatmadja mengatakan nasabah bisa menghubungi lima channel resmi pihak manajemen jika membutuhkan informasi resmi.

Dirinya menyebutkan bahwa pelaku bisa melakukan dengan cara Pertama, telepon Halo BCA di nomor 1500888. Kedua, WhatsApp BCA dengan centang biru di nomor 08111500998. Ketiga, akun Twitter dengan centang biru bernama @HaloBCA. Keempat, email Halo BCA dengan nama halobca@bca.co.id. Kelima, Webchat Halo BCA di www.bca.co.id.

Lihat Juga: Pengamat Keamanan Siber Beberkan Cara Rebut Kembali WhatsApp yang Dibajak Hacker

“Akun resmi Halo BCA ada centang biru. Cek di bca.id/akunresmi. Info lengkap Halo BCA di bca.id/halobca,” ucap Jahja kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/3).

Jahja mengingatkan, bank tak pernah meminta data rekening, kartu kredit, pin, dan OTP ketika menghubungi pihak manajemen. Olehnya itu, ia meminta nasabah tetap menjaga data pribadi mereka.

Saat ini, lanjut Jahja, manajemen telah bekerja sama dengan kepolisian untuk menangkap oknum-oknum yang membuat akun bodong BCA. Jahja juga meminta agar akun bodong itu dihapus.

Lihat Juga: Hati-Hati! Hacker Global Paling Berbahaya Bisa Akses Data Pribadi

“Namun karena begitu mudahnya membuat akun palsu, setiap take down akan muncul lagi akun palsu yang lain,” kata Jahja.

Jahja menyatakan pihak kepolisian yang berhak menjelaskan lebih lanjut mengenai penyelidikan terhadap oknum akun bodong BCA. Sementara, manajemen akan terus memantau perkembangan kasus ini.

“Kalau sudah tertangkap baru wewenang pihak polisi yang umumkan,” jelas Jahja.

Lihat Juga: Waspada! Ini Cara Pelaku Ambil Alih Akun Whatsapp Anda

Sebelumnya, Pendiri Aplikasi Drone Emprit Ismail Fahmi mengatakan ada banyak akun yang menamakan Halo BCA untuk melakukan upaya penipuan. Berdasarkan datanya, ada 331 akun penipuan Halo BCA dalam dua bulan terakhir di Twitter.

Akun-akun tersebut rajin menjawab keluhan nasabah terkait masalah yang didapati saat melakukan transaksi. Dalam cuitan Fahmi, terlihat akun-akun bodong tersebut meminta nasabah melaporkan masalahnya ke sebuah nomor telepon atau pesan singkat ke jejaring WhatsApp.

  • Bagikan