Penjelasan Direktur WHO Soal Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

  • Bagikan
Penjelasan Direktur WHO Soal Pandemi Covid-19 Belum Berakhir
Penjelasan Direktur WHO Soal Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Jakarta, RakyatNews.id – Direktur Kedaruratan World Health Organization (WHO) Michael Ryan menyatakan, semua pihak harus fokus menjaga tingkat penularan virus corona penyebab Covid-19 serendah mungkin, meskipun kemungkinan virus dapat diberantas tahun ini.

Tidak realistis mengharapkan pandemi Covid-19 berakhir tahun ini.

Lihat Juga: Menkes Ajak Semua Pihak untuk Proaktif dalam Penanganan Covid-19

“Saya pikir ini akan sangat prematur dan saya pikir tidak realistis untuk berpikir bahwa kita akan menyelesaikan pandemi pada akhir tahun ini,” kata Michael Ryan, seperti dikutip dari New York Post, melansir dari cnbcindonesia, Senin (8/3).

Jika kita pintar, lanjut dia, kita bisa menyelesaikan masalah rawat inap dan kematian serta tragedi yang terkait dengan pandemi ini.

Meski begitu, berdasarkan data yang ada menunjukkan vaksin Covid-19 telah membantu memperlambat penyebaran virus.

Lihat Juga: Presiden Jokowi Dorong Kontribusi Besar Sektor Perdagangan untuk Pemulihan Ekonomi

“Bila vaksin mulai berdampak tidak hanya pada kasus kematian dan pada rawat inap, tetapi memiliki dampak yang signifikan terhadap dinamika penularan dan risiko penularan, maka saya yakin kita akan mempercepat pengendalian pandemi ini,” terangnya.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat mengatakan penyesalannya lantaran anak muda yang sehat di beberapa negara maju menerima vaksin Covid-19. Sementara pekerja garis depan di negara berkembang belum divaksin.

Lihat Juga: Menkes Sebut 4 Tantangan Pembangunan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

“Negara tidak berlomba dengan satu sama lain,” kata Tedros. “Ini adalah perlombaan umum melawan virus. Kami tidak meminta negara untuk mempertahankan rakyatnya sendiri. Kami meminta semua negara untuk menjadi bagian dari upaya global untuk menekan virus di mana-mana,” lanjutnya.

  • Bagikan