Selain Nikmat, Ikan Gabus Memiliki 9 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

  • Bagikan
Ikan Gabus Memiliki 9 Manfaat Lainya untuk Kesehatan
Selain Nikmat, Ikan Gabus Memiliki 9 Manfaat Lainya untuk Kesehatan (Foto: Wikipedia)

RakyatNews.id – Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan gabus juga menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak dikonsumsi lantaran dibalik rasanya yang nikmat saat disantap.

Selain nikmat dan banyak dikonsumsi banyak orang, ikan gabus ini juga memiliki manfaat yang kuat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat dari ikan gabus? Simak uraian dibawah ini.

1. Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga terdapat didalamnya albumin. Albumin itulah yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh kita.

Lihat Juga: Hidung Tersumbat Sebelah Mengganggu Anda? Ini penyebabnya

2. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Menjaga Metabolisme Pencernaan

Manfaat ikan gabus sangat dikenal mampu mempercepat penyembuhan pada luka. Pada penyembuhan luka ini, diperlukan kadar albumin yang ada pada ikan gabus.

Daging dari ikan gabus ini strukturnya mudah untuk dicerna, sehingga proses pencernaanya nanti akan lancar. Pada tubuh ikan gabus pun protein kolagen lebih rendah kadarnya dibanding yang kita temui pada daging.

3. Baik Untuk Kesehatan Otot

Ikan gabus ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan otot. Dalam 100 gram ikan gabus terkandung sekitar 25,2 gram protein.

Lihat Juga: Kenali Alergi Telur dan Faktor Risiko, Penyebab, Serta Pencegahannya

4. Memperbaiki Gangguan Gizi

Manfaat ikan gabus berikutnya bisa menjadi salah satu solusi bagi orang tua yang mengalami masalah gizi atau tumbuh kembang pada sang buah hati. Ikan gabus dapat memenuhi dan melengkapi gizi yang dibutuhkan tersebut.

5 Baik untuk Ibu Hamil, Bayi hingga Lansia

Ikan gabus dapat menjadi salah satu pelengkap nutrisi untuk pertumbuhan. Oleh karenanya, ikan gabus ini baik dikonsumsi ibu hamil, bayi, anak-anak dan bisa menjadi pilihan menu sehat untuk lansia.

6. Menambah Berat Badan

Pertambahan gizi dan nutrisi yang dibantu oleh konsumsi ikan gabus tersebut dapat juga menambah berat badan seseorang. Protein hewani seperti salah satunya ikan gabus ini dapat menambah berat pada tubuh, terlebih jika dikonsumsi bersama karbohidrat seperti nasi misalnya.

Lihat Juga: Makanan Sehat Agar Fungsi Otak Bekerja dengan Baik

7. Mengatasi Hipoalbuminemia

Hipoalbuminemia atau kekurangan albumin dalam tubuh dapat menimbulkan beberapa masalah. Gejala yang biasanya timbul adalah nafsu makan berkurang, diare, mual, edema, penyakit kuning dan lain sebagainya.

Sedangkan penyebabnya biasanya berasal dari penyakit seperti hipertiroid, diabetes, gagal jantung, hingga penyakit lupus. Jadi, selain pengobatan dokter, ikan gabus dapat membantu tubuh untuk mencukupi kadar albumin tersebut.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk tumbuh kembang serta otot, ternyata manfaat ikan gabus lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata kita. Mengapa? Karena ikan gabus mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi seseorang yang mengalami diabetes, asupan harus dijaga. Termasuk untuk mengkonsumsi nasi putih yang berpotensi menaikkan kadar gula darah.

Lihat Juga: 9 Jenis Makanan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Anda Tetap Nyaman

Sebagai solusi untuk mencukupi kalori harian, ikan gabus bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang Anda konsumsi.

Itulah berbagai manfaat ikan gabus yang baik untuk kesehatan.


Sumber

  • Bagikan