Hidung Tersumbat Sebelah Mengganggu Anda? Ini penyebabnya

  • Bagikan
Penyebabnya Hidung Tersumbat Sebelah
Ini Penyebabnya Hidung Tersumbat Sebelah

RakyatNews.id – Hidung tersumbat Sebelah tentu sangat tidak menyenangkan Anda. Meski gangguan ini tidak menimbulkan masalah yang serius, namun tetap saja mengganggu aktivitas dan tidur Anda lantaran sulitnya bernafas.

Nah, jika kamu sering mengalami hidung tersumbat sebelah ini, yuk! Simak penjelasan lengkap mengenai penyebab hingga cara mengatasinya seperti dilansir doktersehat.com.

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah

Pada umumnya, keadaan ini terjadi ketika pembuluh darah dan selaput lendir di sinus dan saluran hidung membengkak. Beberapa kondisi lain yang membuat hidung Anda menjadi tersumbat, di antaranya:

1. Batuk Pilek Biasa

Batuk pilek biasa atau common cold bisa menyebabkan sumbatan pada hidung. Kotoran dari hidung mungkin berwarna bening, kuning, atau hijau. Mungkin juga sangat encer, kental, atau lengket.

Lihat Juga: Kenali Alergi Telur dan Faktor Risiko, Penyebab, Serta Pencegahannya

Anda mungkin merasa tidak enak badan, mengalami sakit kepala, demam, atau batuk. Pada umumnya sebagian besar gejala akan hilang dalam waktu kurang dari satu minggu.

2. Flu

Flu adalah infeksi virus yang menyebabkan bersin dan hidung mengalami penyumbatan. Keadaan ini cenderung membuat orang merasa jauh lebih tidak sehat daripada common cold karena bisa menyebabkan demam tinggi, kelelahan, sakit, dan nyeri.

Banyak orang menganggap flu sama dengan batuk pilek biasa. Meski gejalanya terbilang mirip, keduanya adalah kondisi disebabkan oleh virus yang berbeda.

Flu biasanya menyerang secara mendadak, sedangkan batuk pilek muncul bertahap dan cenderung ringan.

3. Sinusitis

Peradangan yang terjadi pada sinus juga bisa menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Pada sebagian besar kasus, sinusitis disebabkan oleh infeksi dan bersifat akut (berlangsung 1-4 minggu).

Lihat Juga: Komsumsi Ini Mengatasi Sakit Maag Anda

Meski begitu, pada beberapa kasus kondisi ini bisa berlanjut menjadi kronis. Selain penyumbatan yang terjadi pada hidung, sinusitis juga bisa menyebabkan nyeri di area sinus yang terkena.

Rasa sakit mungkin bisa lebih buruk saat Anda membungkuk. Gejala lain yang mungkin timbul adalah pusing dan demam.

4. Rhinitis Alergi

Keadaan ini umumnya disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari dan merupakan penyebab umum sumbatan pada hidung. Jika Anda mengalami hal ini, gejala lain yang biasanya dialami adalah gatal-gatal, mata berair, dan bersin-bersin.

Selain itu, rhinitis alergi juga dapat menyebabkan mata merah/berair, ruam pada kulit, hingga sakit tenggorokan.

5. Polip Hidung

Polip hidung adalah jaringan nonkanker yang tumbuh di dalam hidung. Gejala paling umum yang ditimbulkannya adalah hidung yang tersumbat dan meler.

Lihat Juga: Cara Mengobati Jerawat dan Kenali Penyebabnya

Jaringan yang tumbuh di saluran hidung ini bisa terbentuk saat selaput lendir dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan. Meski penyebab pastinya belum diketahui dengan pasti, namun keadaan ini diduga dipicu oleh reaksi alergi.

Berapa Lama Hidung Tersumbat Sebelah Bertahan?

Banyak orang yang mengalami batuk pilek biasa atau flu merasa lebih baik setelah satu sampai dua minggu.

Sedangkan jika hidung tersumbat akibat infeksi bakteri, dokter mungkin meresepkan antibiotik selama 10–14 hari. Konsumsi obat harus dihabiskan sepenuhnya meskipun sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

Lihat Juga: Kenali Jenis Keputihan Normal dan Tidak Normal, Berikut Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika alergi adalah penyebabnya, keadaan ini bisa berlangsung selama orang tersebut terpapar alergen. Operasi korektif diperlukan jika deviasi septum memperburuk sumbatan.

  • Bagikan