Dua Organisasi Bantuan Hukum Sulsel Sabet Penghargaan Menkumham

  • Bagikan
Dua Organisasi Bantuan Hukum Sulsel Sabet Penghargaan Menkumham
Dua Organisasi Bantuan Hukum Sulsel Sabet Penghargaan Menkumham

Jakarta, RakyatNews.id – Dua Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Sulawesi Selatan sabet penghargaan Menteri Hukum dan HAM RI pada malam Penganugerahan Access To Justice Award Tahun 2021, di Jakarta, Kamis Malam (25/02).

Dalam hal ini, Wakil Menkumham Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward O.S. Hiariej menyerahkan langsung kepada masing-masing Ketua LBH Bhakti Keadilan Bakri Remmang dan Ketua LBH LIPANG Takalar Andi Radianto.

Wamenkumham, Edward O.S. Hiariej mengatakan Pemberian layanan Bantuan Hukum merupakan salah satu komitmen Kemenkumham dalam menjalankan amanat UUD 1945 dimana setiap orang berhak mendapatkan akses keadilan (Access to Justice) dan persamaan kedudukan dalam hukum.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Terimakasih kepada OBH di daerah yang telah menyelenggarakan Bantuan Hukum dengan baik. Tingkatkan terus kualitas layanan bantuan hukum kepada masyarakat,” ungkap Wamenkumham.

Lihat Juga: Kanwil Kemenkumham Sulsel Raih Peringkat Terbaik Pertama Penyelenggara Bantuan Hukum

Wamenkumham juga mengingatkan bahwa peningkatan jumlah dan penyebaran organisasi bantuan hukum di Indonesia tentunya harus diiringi dengan peningkatan kualitas layanan bantuan hukum itu sendiri. Sehingga, dengan kualitas pelayanan pemberian bantuan hukum yang baik, maka tidak akan ada lagi pemberian bantuan hukum yang setengah hati.

“Kemenkumham sebagai penyelenggara harus benar-benar memastikan kualitas pemberian bantuan hukum di Indonesia menjadi yang terbaik dan tepat sasaran,” imbuh Edward.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan bahwa dari 524 OBH di Indonesia, ada dua organisasi di Sulawesi Selatan yang masuk kriteria sebagai Pemberi Bantuan Hukum terbaik Tahun 2020.

“Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Bhakti Keadilan Sengkang Kab. Wajo terbaik Kedua Untuk  Pemberi Bantuan Hukum Kategori Akreditasi A Tahun 2020 dan Lembaga Bantuan Hukum Lipang Kab. Takalar terbaik Pertama Pemberi Bantuan Hukum Kategori Akreditasi C Tahun 2020,” kata Harun.

Lihat Juga: Kanwil Kemenkumham Sulsel Bangun Zona Integritas di UPT Se-Tanah Luwu dan Toraja

Sementara itu, Ketua LBH Bhakti Keadilan Bakri Remmang mengatakan bahwa penghargaan ini berkat kolaborasi dan singeritas yang  baik antara Kanwil dengan seluruh OBH di Sulsel dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat.

“Kami mendapat prestasi merupakan amanah yang harus kami jaga dan menjadi tanggungjawab besar untuk  kami sehingga kami dapat mempertahankan dan bisa lebih baik lagi kedepan. Kami telah menangani kasus litigasi sebanyak 84 Kasus dan Non litigasi 51 Kasus,” imbuh Bakri.

Senanda dengan itu, Ketua LBH LIPANG Takalar,  Andi Radianto mengucapkan Terimakasihnya pada Kanwil Kemhumham Sulsel yang telah memberikan motivasi kerja dan semangat dalam pelayanan bantuan hukum gratis untuk mewujudkan Acces To Justice dan dalam pengusian aplikasi sidbankum.

Lihat Juga: Rudenim Makassar Terbitkan 1.674 Kartu Identitas Pengungsi Asing dan Wajib Lapor

“Terima kasih Bapak menteri HUKUM dan Ham  Bapak Yasonna H laolly Atas penghargaan kepada LBH LIPANG Takalar Sulsel Sebagai Terbaik pertama dalam  Pemberi Bantuan Hukum kategori akreditasi C tahun 2020. Jumlah kasus tahun 2020 litigasi sebanyak 38 Kasus dan Non litigasi 32 Kegiatan,” kata Radianto.

  • Bagikan