Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik Anggoro Dasananto Sebagai Anggota MKN

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik Anggoro Dasananto Sebagai Anggota MKN
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik Anggoro Dasananto Sebagai Anggota MKN

MAKASSAR, RAKYATNEWS.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto melantik dan mengambil sumpah/janji Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto, sebagai Pengganti Antar Waktu Anggota Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan menggantikan anggota yang lama, Sri Yuliani.

MKN merupakan badan yang mempunyai kewenangan untuk melaksanakan pembinaan notaris dan kewajiban memberikan persetujuan atau penolakan untuk kepentingan penyidikan dan proses peradilan.

Lihat Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik Tiga Analis Keimigrasian

“Sesuai dengan Pasal 4 Permenkumham 7/2016 tentang Majelis Kehormatan Notaris, mempunyai tugas melakukan pemeriksaan terhadap permohonan yang diajukan oleh penyidik, penuntut umum, dan hakim hingga memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permintaan persetujuan pemanggilan notaris untuk hadir dalam penyidikan, penuntutan, dan proses peradilan,” ujar Kakanwil di Aula Kantor Wilayah, Kamis (18/2).

Untuk itu, MKN dapat menjaga martabat dan kehormatan notaris dalam menjalankan jabatannya.

Lihat Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Temui Rektor Unhas, Ini yang Dibahas

PAW ini berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah No. W23.AH.02.07-48 tentang Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, pergantian keanggotaan Majelis Pengawas Notaris dilakukan sejalan dengan bergantinya pejabat/pimpinan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

Turut hadir pada kegiatan ini yaitu Kepala Divisi Administrasi, Sirajuddin (sebagai saksi) dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Edi Kurniadi (sebagai saksi).

Lihat Juga: Kukuhkan Satopspatnal Pemasyarakatan, Kakanwil Harun Minta Kerja Secara Efektif dengan Teknik Intelejen

Adapun anggota MKN Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan antara lain Harun Sulianto dan Anggoro Dasananto dari unsur pemerintah, Prof. Syamsul Bahri dari unsur Akademisi, Briliant Thioris, Ahmad saleh dan Mustahar dari unsur Notaris serta Kombes Pol. Hambali dari unsur Ahli. (*)

  • Bagikan