Ombudsman Sulsel Apresiasi Komitmen UPT Kemenkumham Sulsel Menuju WBK/WBBM

  • Bagikan
Ombudsman Sulsel Apresiasi Komitmen UPT Kemenkumham Sulsel Menuju WBK/WBBM
Ombudsman Sulsel Apresiasi Komitmen UPT Kemenkumham Sulsel Menuju WBK/WBBM

MAKASSAR, RAKYATNEWS.ID – Kepala Perwakilan Kepala Ombudsman Sulsel, Subhan mengapresiasi komitmen jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Sulsel dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kemenkumham Sulsel adalah salah satu mitra terdekat Ombdusman. Saya senang teman-teman selalu mengikutsertakan Ombdusman untuk memonitoring progres instumen WBK/WBBM yang telah disiapkan,” Kata Subhan di Aula Lapas Makassar, Senin (15/2).

“Tinggal soal waktu untuk dapat predikat WBK/WBBM. Yang terpenting adalah kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang kita berikan,” sambungnya.

Lihat Juga: Kakanwil Harun Tegaskan Lakukan Monitoring dan Evaluasi Lebih Dioptimalkan

Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto dalam sambutannya mengatakan tujuan acara ini agar birokrasi kita bebas KKN dan ada peningkatan pelayanan publik. Untuk itu, Harun meminta pimpinan UPT menjadi role model perubahan.

Harus punya komitmen yang kuat untuk menginternalisasi budaya perubahan dan keluar dari zona nyaman. Juga harus menyederhanakan SOP dan buat strategi prioritas perubahan dengan menhadirkan beragam inovasi.

Lihat Juga: Kemenkumham Sulsel Terus Berkomitmen Cegah KKN Menuju WBBM

“Sehingga layanan lebih mudah, cepat, hemat , memberikan kepastian dan keadilan serta kemanfaatan bagi masyarakat,” Kata Harun pada acara Pencanangan pembangunan Zona Integritas 9 UPT Kemenkumham.

Yang dalam hal ini diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh 9 Kepala UPT yakni Kalapas Makassar Hernowo Sugiastanto, Karutan Makassar Sulistyadi,  Kabapas Makassar Alfrida, Kakanim Makassar Agus Winarto, Karupbasan Makassar Arifuddin, Kepala LPKA Maros Tubagus Chaidir, Karutan Pangkajene Ashari, dan Perwakilan Karudenim Makassar Rita serta Perwakilan Ketua BHP dan Kurator Negara Makassar, Akhmad Taufiq.

Sementara itu, Kadiv Administrasi Sirajudddin mengatakan di tahun 2020 terdapat 4 satuan kerja yang meraih predikat WBK, yakni Kanwil, Bapas Watampone, Rutan Pangkajene, dan 1 satker yang meraih predikat WBBM yaitu Kanim Makassar.

Lihat Juga: Bersiap Menuju WBBM, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Deklarasi Janji Kinerja 2021

Sedangkan di tahun ini, lanjut ia, Kanwil Kemenkumham Sulsel mencanangkan 6 satuan kerja berpredikat WBK menuju WBBM, yakni Kanwil, Lapas dan Bapas Watampone, Rutan Pinrang dan Pangkajene serta Kanim Parepare.

“Juga ada 27 satuan kerja menuju WBK. Sedangakan Kanim Makassar bertekad untuk mempertahankan predikat WBBM,” paparnya.

Turut menjadi saksi dalam kegiatan ini dari Kodim dan Kejari Makassar. (*/RN)

  • Bagikan