Kaisar Mandala Pertahankan Predikat WBBM Imigrasi Makassar

  • Bagikan
Kaisar Mandala Pertahankan Predikat WBBM Imigrasi Makassar
Kaisar Mandala Pertahankan Predikat WBBM Imigrasi Makassar

MAKASSAR, RAKYATNEWS.ID – Setelah berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yaitu predikat tertinggi dalam reformasi birokrasi dari Kemenpan RB, Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar yang merupakan satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM di Wilayah Indonesia Tengah dan Timur Indonesia yang pertama kali dan satu-satunya peraih predikat dimaksud, tentu saja bertekad sekuat tenaga untuk mempertahankan predikatnya itu agar tidak dibatalkan.

Usaha ke arah tersebut, pada hari ini Sabtu (13/02/2021) Unit Layanan Paspor Kanim Makassar di Pertokoan Alauddin telah digelar KAISAR MANDALA (Kantor Imigrasi Makassar Melayani Hari Libur Anda).

“Inovasi pelayanan paspor pada hari libur ini merupakan salah satu unsur dalam peningkatan layanan publik sebagaimana yang diharapkan dalam satuan kerja berstatus WBBM,” demikian disampaikan Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan dalam rilisnya yang diterima redaksi Sabtu (13/02/2021).

Sesuai laporan Agus Winarto Kakanim Makassar, Dodi menyampaikan bahwa dalam KAISAR MANDALA kali ini telah dilayani sebanyak 9 orang pemohon paspor baru yaitu masing-masing 2 orang laki-laki pelaut dan 7 orang perempuan calon jemaah umroh.

Para calon jemaah umroh ini sangat berharap bahwa pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir sehingga ketika perjalanan ibadah umroh sudah diizinkan kembali, merekalah yang akan menjadi jemaah prioritas untuk berangkat.

Terkait perjalanan umroh ini, Dodi menyampaikan bahwa sebenarnya Kanim Makassar bersama instansi terkait lainnya, telah siap untuk memberangkatan jemaah umroh dari Bandara Sultan Hasanuddin pada tanggal 16 Februari 2021 tetapi karena mulai tanggal 3 Februari 2021 Pemerintah Arab Saudi menunda pembukaan ibadah umroh ini, maka pemberangkatan jemaah kita menjadi ditunda sementara.

Untuk pelayanan paspor sendiri, Dodi menambahkan bahwa jajarannya setiap saat siap untuk melayani masyarakat.

“Kami sudah membuka APAPO (Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online) pada hari ini sehingga kuota pelayanan paspor setiap hari kerja untuk minggu depan (tanggal 15-19 Februari 2021) sudah dibuka dan siap diisi pemohon,” ujarnya.

“Kuotanya masing-masing Kanim Makassar 50, Parepare 42, Palopo 42 dan ULP Alauddin 40. Dengan mengisi APAPO ini para pemohon paspor bisa mengatur sendiri waktu pelayanan yang dianggap nyaman karena bisa memilih hari dan waktu atau jam pelayanannya,” tutup Dodi. (*)

  • Bagikan