Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Obrolan Peneliti Balitbang Hukum dan HAM

  • Bagikan
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Obrolan Peneliti Balitbang Hukum dan HAM
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Obrolan Peneliti Balitbang Hukum dan HAM

MAKASSAR, RAKYATNEWS.ID – Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto ikuti Obrolan Peneliti (Opini) yang diselenggarakan oleh Balitbang Hukum dan HAM Kemenkumham bekerjasama Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung yang bertemakan Evaluasi Layanan Hukum dan HAM kepada Masyarakat, Kamis (11/02/2021).

Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami yang membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi hasil penelitian kepada masyarakat sehingga dapat mengetahui sejauh mana pelayanan yang diberikan oleh kemenkumham.

“Melalui kegiatan OPini ini, masyarakat dapat mengetahui berbagai aspek yag diberikan oleh Kemenkumham dan mengevaluasi berbagai aspek yang perlu ditingkatkan. Selain itu juga, sebagai bentuk komunikasi terhadap hal-hal yang strategis sehingga dapat memacu layanan publik yang selama ini dianggap belum optimal,” Ungkap Utami dalam sambutannya.

Lihat Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Entry Meeting BPK

Utami juga mengungkapkan bahwa saat ini telah hadir Law and human Right Centre di wilayah yang dapat mengoptimalkan layanan publik kepada masyarakat serta lebih mendekatkan layanan kemenkumham kepada masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung Anas Saeful Anwar, mengatakan bahwa peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh berbagai unsur yakni Pemerintah Provinsi, Kab dan Kota, Notaris, Lembaga Bantuan Hukum, Akademisi dan terbuka untuk masyarakat umum.

“Kami berharap melalui diskusi OPini ini kedepan layanan publik dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Layanan dapat diakses lebih luas, efektif dan efisien serta mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat,” Ungkap Anas Saeful.

Lihat Juga: Kakanwil Apresiasi Box Sterilisasi Rakitan Lapas Perempuan Sungguminasa

Junaidi Abdillah, peneliti Balitbang Hukum dan HAM mengatakan bahwa kinerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan pelayanan Law and Human Rights Center belum dapat dikatakan Prima. “Hal ini dapat dilihat pada data kuantitatis dengan hasil kategori Baik Serta dengan memperhatikan 6 aspek yang ada, dimana tiap aspeknya masih terdapat kelompok atau poin sasaran yang belum terlaksana maupun belum tersedia,” Kata Junaidi.

Diskusi OPini ini juga menghadirkan narasumber yakni Akademisi/Lektor Kepala Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung Derita Prapti Rahayu dan Praktisi/Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kep. Bangka Belitung, Maskupal Bakrie. Turut dihadiri juga oleh Kabid HAM Utary Sukmawati Syarief, Kasub P3Kumham Andi Rahmat, Kasub Pemajuan HAM Meydi Zulqadri beserta JFU/JFT Bidang HAM.

  • Bagikan