9 Jenis Makanan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Anda Tetap Nyaman

  • Bagikan
9 Jenis Makanan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Anda Tetap Nyaman
9 Jenis Makanan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Anda Tetap Nyaman (pexels)

RAKYATNEWS.ID – Beberapa jenis makanan yang dapat dikomsumsi sehingga membuat daya tahan tubuh Anda tetap nyaman. Kekurangan energi dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan membuat Anda kurang produktif.

Jenis dan jumlah makanan yang Anda makan akan berperang penting dalam menentukan tingkat energi Anda sepanjang hari.

Beberapa makanan mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan menjaga kewaspadaan dan fokus Anda sepanjang hari. Diantaranya:

1. Pisang

Pisang salah satu makanan terbaik untuk energi. Pisang memiliki sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik. Sehingga dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

2. Ikan salmon dan tuna

Melansir dari healthline, Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik, menjadikannya makanan yang bagus untuk disertakan dalam makanan Anda.

Satu porsi salmon atau tuna memberi Anda jumlah harian asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan dan terbukti mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab umum kelelahan.

Beberapa penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang baru pulih dari kanker.

Selain itu, vitamin B12 bekerja dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di tubuh Anda. Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

3. Beras merah

Beras merah merupakan makanan yang sangat bergizi. Satu setengah cangkir (50 gram) beras merah mengandung 2 gram serat dan menyediakan sebagian besar dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) mangan, mineral yang membantu enzim memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

4. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber energi bergizi bagi mereka yang mencari dorongan ekstra. Satu porsi 1 cangkir (100 gram) ubi jalar dapat mengemas hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25% dari RDI untuk mangan, dan 564% dari RDI untuk vitamin A ( 8 ).

Berkat serat ubi jalar dan kandungan karbohidrat kompleks, tubuh Anda mencernanya dengan lambat, yang memberi Anda pasokan energi yang stabil.

5. Kopi

Kopi mungkin adalah makanan pertama yang Anda pikirkan untuk dikonsumsi saat Anda mencari penambah energi.

Kopi yang kaya kafein dapat dengan cepat melewati aliran darah ke otak Anda dan menghambat aktivitas adenosin, neurotransmitter yang menenangkan sistem saraf pusat.

Meski begitu, tidak disarankan juga untuk mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein, atau sekitar 4 cangkir kopi, per hari.

6. Apel

Apel merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mereka melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

7. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai makanan super yang kaya akan lemak sehat, vitamin B, dan serat. Sekitar 84% lemak sehat dalam alpukat berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Lemak sehat ini telah terbukti meningkatkan kadar lemak darah yang optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Mereka juga dapat disimpan di dalam tubuh dan digunakan sebagai sumber energi

Selain itu, serat dalam alpukat menyumbang 80% kandungan karbohidratnya, yang dapat membantu mempertahankan tingkat energi yang stabil.

8. Jeruk

Jeruk kaya dengan kandungan vitamin C yang mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi dari stres oksidatif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres oksidatif dapat meningkatkan perasaan lelah. Oleh karena itu, perlindungan antioksidan yang diberikan oleh senyawa dalam jeruk dapat membantu mengurangi kelelahan.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa 13 wanita yang mengonsumsi 17 ons (500 mL) jus jeruk dan melakukan 1 jam latihan aerobik 3 kali seminggu selama 3 bulan mengalami penurunan kelelahan otot dan peningkatan kinerja fisik.

9. Stroberi

Stroberi adalah buah penambah energi lain yang baik. Stroberi dapat memberikan karbohidrat, serat, dan gula yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda.

Selain membantu melawan peradangan, antioksidan dalam stroberi dapat membantu melawan kelelahan.

Itulah Makanan yang melimpah yang dapat membantu meningkatkan energi Anda yang dikemas dengan karbohidrat untuk energi yang tersedia, atau serat dan protein untuk pelepasan energi yang lebih lambat, makanan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stamina Anda.

  • Bagikan