Kunjungi Pengungsian Mamuju, Jokowi Pastikan Proses Evakuasi Terkelola dengan Baik

  • Bagikan
Kunjungi Pengungsian Mamuju, Jokowi Pastikan Proses Evakuasi Terkelola dengan Baik
Kunjungi Pengungsian Mamuju, Jokowi Pastikan Proses Evakuasi Terkelola dengan Baik (Ist)

MAMUJU, RAKYATNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, usai meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak karena gempa dan mengakibatkan berhentinya pelayanan pemerintahan daerah.

Jokowi mengungkapkan bahwa ingin memastikan langsung proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat terdampak gempa, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik.

“Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini,” ujarnya di Stadion Manakarra, dikutip di laman setneg, Selasa (19/1).

Lihat Juga: Soal Gempa Sulbar, Jokowi Perintahkan Jajarannya Bertindak Cepat Langkah Tanggap Darurat

Ia memastikan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” ujar Jokowi.

Lihat Juga: Tinjau Bencana Banjir Kab Banjar, Jokowi Perintahakan Jajarannya Menindaklanjuti Keperluan Warga

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana gempa.

“Saya ingin menyampaikan dukacita mendalam atas korban kurang lebih 80 orang yang meninggal yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” tandasnya.

Lihat Juga: Pastikan Penanganan Bencana Banjir, Jokowi Berangkat ke Kalsel

Presiden Jokowi menyatakan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta,” katanya.

  • Bagikan