Komisi X DPR RI Sebut Guru Honorer Sekolah Swasta Perlu Diperhatikan

  • Bagikan
Komisi X DPR RI Sebut Guru Honorer Sekolah Swasta Perlu Diperhatikan
Komisi X DPR RI Sebut Guru Honorer Sekolah Swasta Perlu Diperhatikan

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wijayanti menyatakan para guru honorer yang mengabdi di swasta kerap dilupakan dan tak masuk kelompok yang dianggarkan pemerintah.

Bahkan, rekrutmen guru honorer untuk jadi Aparatur Sipil Negara (ASN), juga melupakan para honorer di swasta.

Para guru honorer yang mengajar di sekolah-sekolah swasta harus mendapat perhatian yang sama dengan para honorer yang mengajar di sekolah-sekolah negeri. Selama ini yang dihitung anggarannya oleh pemerintah selalu para honorer di sekolah negeri.

“Kita melupakan sekolah swasta. Kita perlu mempertimbangkan keberadaan guru-guru swasta atau guru-guru honorer yang di swasta,” katanya saat mengikuti rapat virtual Komisi X DPR RI dengan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dikutil di laman resmi, dpr.go.id, Senin (18/1/2021).

“Bagaimana kita memberikan uang kepada mereka untuk masuk dalam PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), meskipun Kemendikbud telah memberi ruang kepada guru swasta tetapi yang kita baru akumulasi adalah guru honorer yang ada di negeri dan kebutuhan yang ada di negeri,” sambung Esti.

Lebih lanjut Esti mengatakan, selain soal guru honorer swasta, politisi PDI-Perjuangan ini juga menyerukan agar pemerintah memperhatikan para tenaga kependidikan di luar guru. Para tenaga kependidikan harus pula masuk dalam formasi penerimaan ASN.

“Dunia pendidikan kita juga butuh tenaga kependidikan di luar guru. Tenaga kependidikan perlu diperjuangkan,” Kata Esti.

  • Bagikan