Pastikan Penanganan Bencana Banjir, Jokowi Berangkat ke Kalsel

  • Bagikan
Pastikan Penanganan bencana Banjir, Jokowi Berangkat ke Kalsel
Pastikan Penanganan bencana Banjir, Jokowi Berangkat ke Kalsel

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berangkat ke Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk meninjau bencana banjir yang terjadi di wilayah tersebut, Senin (18/1).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, mengatakan kehadiran Jokowi untuk memastikan penanganan bencana berjalan lancar.

Lihat Juga: BNPB Mencatat Bencana Alam Terjadi di Indonesia Awal Tahun Hingga 16 Januari 2021

“Agar sarana yang terkena dampak, agar PU (Kementerian PUPR) bisa segera tindak lanjut,” kata Heru, dikutip dari CNBC Indonesia.

Lanjut Heru mengatakan, Jokowi, juga ingin memastikan bantuan yang telah disalurkan pemerintah sampai di tangan masyarakat yang terdampak.

“Kehadiran Jokowi juga sekaligus ingin mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan warga yang terdampak. Kebutuhan lain yang diperlukan warga.

Lihat Juga: Prajurit Marinir Bantu Korban Gempa Bumi di Mamuju Sulbar

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), total korban meninggal akibat banjir yang terjadi di 10 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan mencapai 15 orang, di mana sebanyak 39.549 warga terpaksa mengungsi.

Jokowi sendiri sebelumnya mengaku sudah berbicara dengan Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendengarkan langsung laporan banjir. Jokowi, pun telah bergerak cepat mengutus jajarannya.

“Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan seperti perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di daerah itu,” katanya seperti dikutip akun Instagramnya.

  • Bagikan