Ajak Umat Ikut Vaksinasi Covid-19, Menag: Sudah Ada Fatwa Halal dan Suci

  • Bagikan
Ajak Umat Ikut Vaksinasi Covid-19, Menag: Sudah Ada Fatwa Halal dan Suci
Ajak Umat Ikut Vaksinasi Covid-19, Menag: Sudah Ada Fatwa Halal dan Suci

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat beragama untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Itu diungkapkan Menag saat menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap III sebanyak 15 juta dosis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dengan mengunakan maskapai Garuda. Hadir juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo.

“Alhamdulillah hari ini sudah tiba 15 juta dosis vaksin. Saya minta kepada seluruh umat beragama agar jangan ragu mengikuti vakainasi Covid-19 dan khususnya umat Islam,” pesan Menag di Tangerang, Selasa (12/01).

Lihat Juga: Menag: Perbedaan Antar Kelompok Selesaikan dengan Dialog Tanpa Tindakan Melanggar Hukum

“Vaksin ini juga sudah ada fatwa halal dan suci,” sambung Menag.

Menurutnya, berdasarkan fatwa MUI, vaksin Sinovac tidak tercemar hewan babi, tidak memanfaatkan bahan dari tubuh manusia, dan tidak najis. Artinya, vaksin ini boleh digunakan oleh seluruh umat Islam dan umat agama lainnya.

Lihat Juga: Menag Yakut Harap Peran MUI Tegas Mengawal Kerukunan di Indonesia

“Saya juga mengimbau kepada segenap rakyat Indonesia untuk saling melindungi karena semua agama mengajarkan itu,” tandas Menag.

Menag menambahkan, kedatangan vaksin Sinovac tahap III ini merupakan bentuk Ikhtiar dan wujud kecintaan pemerintah kepada bangsa dan rakyat Indonesia. “Vaksin ini sebagai bentuk upaya bersama dalam mencegah Covid-19,” kata Menag.

Pemerintah akan segera melakukan vaksinasi. Dijadwalkan, Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksin dan sekaligus menandai dimulainya vaksinasi Covid-19.

  • Bagikan