Cek Ini! Tahun Ini Bakal Ada Rekrutmen Guru CPNS

  • Bagikan
Tahun Ini Bakal Ada Rekrutmen Guru CPNS
Ilustrasi Tahun Ini Bakal Ada Rekrutmen Guru CPNS

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Pemerintah sudah memastikan tidak ada rekrutmen guru CPNS tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga mempertegas bahwa fokus pengadaan guru aparatur sipil negara (ASN) 2021 adalah PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Koordinator Nasional Perkumpulan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim optimistis tahun ini akan ada rekrutmen guru CPNS, walaupun jumlahnya sedikit sekali.

“Rekrutmen CPNS ini kan unsur politiknya tinggi. Saya yakin tetap ada walaupun sedikit. Apalagi DPR dan DPD getol meminta pemerintah harus ada rekrutmen guru CPNS,” kata Satriwan kepada JPNN.com, Rabu (6/1).

Dia juga mengkritisi pernyataan pemerintah bahwa rekrutmen guru PPPK besar-besaran untuk mengatasi masalah perpindahan guru PNS. Selama lebih dari 20 tahun, kekurangan guru tidak tuntas lantaran distribusi tidak merata.

Padahal, kata Satriwan, kesalahan ada di pemerintah sendiri. Jika ingin guru PNS tidak minta pindah, tinggal mengetatkan aturannya. Bukan hanya dibatasi lima tahun kemudian bisa pindah.

“Kalau mau BKN kan bisa buatkan aturan, misalnya guru PNS yang diangkat tidak bisa pindah sampai masa pengabdian minimal 10 tahun,” ucapnya.

Dari pengamatan Satriwan, perpindahan guru PNS, jumlahnya tidak banyak. Sebab, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) penerima pegawai pindahan memberikan aturan rumit. Sementara BKD tempat asal guru PNS mengabdi, mudah memberikan surat izin.

“Minta pindah itu enggak semudah dibayangkan loh. Mereka harus menunggu dua tahun baru bisa pindah. Iya kalau BKD penerima bersedia menampung PNS pindahan,” terangnya.

Satriwan pun meminta pemerintah untuk tidak menghilangkan hak-hak lulusan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) menjadi guru PNS.

Banyak generasi muda masuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) karena ingin menjadi guru PNS, bukan PPPK.


Sumber: jpnn

  • Bagikan