3 Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang

  • Bagikan
3 Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang
3 Cara Memasak Sayuran yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang

RN – Tahukah Anda kalau memasak sayuran dapat merusak beberapa jenis nutrisi yang larut dalam air, termasuk nutrisi yang biasanya berkurang saat sayuran dimasak.

Memasak sayuran yang benar dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Ada beberapa alasan mengapa sayuran harus dimasak dengan benar sebelum Anda konsumsi, yakni memasak sayuran yang benar dapat meningkatkan rasa dan membuatnya lebih mudah dicerna.

Memasak sayuran yang benar juga dapat mencegah kontaminasi bakteri yang bisa menjadi sumber penyakit.

Olehnya itu, cara memasak sayuran yang benar perlu dilakukan agar sumber kontaminasi dapat hilang dan nutrisi sayuran tetap terjaga. Berikut penjelasannya. Melansir dari laman, sehatq.

1. Mengukus dengan microwave dan peralatan lain

Studi menunjukkan bahwa mengukus sayuran merupakan cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi sayuran. Khususnya, mengukus dengan menggunakan microwave.

Pengukusan microwave dianggap cara terbaik mematangkan masakan lebih cepat dan mempertahankan nutrisi dibandingkan dengan metode memasak lainnya.

Mengukus menggunakan kompor dengan wadah logam atau bambu juga dapat menjaga nutrisi sayuran. Cara ini terbukti secara ilmiah dapat mempertahankan kandungan glukosinolat, meningkatkan karotenoid, dan paling melindungi polifenol dalam sayuran.

2. Menumis sayuran

Menumis dengan sedikit minyak dapat membantu mempertahankan nutrisi lebih baik jika dibandingkan dengan merebus atau menyangrai.

Akan tetapi, menumis dengan api besar dapat mempercepat hilangnya nutrisi. Oleh karena itu, cara memasak sayuran yang benar untuk menjaga nutrisinya adalah dengan menumis menggunakan sedikit minyak pada api kecil.

3. Merebus

Walaupun banyak orang yang menyatakan bahwa merebus akan mengurangi nutrisi sayuran, metode ini sebenarnya tidak seburuk yang Anda duga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memasak sayuran dengan cara direbus dapat memberikan efek yang hampir sama layaknya mengukus. Walaupun tidak sebaik mengukus dan menumis, metode ini masih lebih baik dari memanggang dan menggoreng.

  • Bagikan