Sandiaga Uno Pastikan Prokes Diterapkan saat Momen Libur Nataru di Bali

  • Bagikan
Sandiaga Uno Pastikan Prokes Diterapkan Ketat saat Momen Libur Nataru
Sandiaga Uno Pastikan Prokes Diterapkan Ketat saat Momen Libur Natar (Dok.kemenparekraf)

BALI, RAKYATNEWS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Bali untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat di berbagai destinasi saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini.

Sandiaga Uno mengatakan kedatangannya ke, Bali, untuk meninjau dan memastikan secara langsung layanan dan penerapan standar protokol kesehatan.

“Kedatangan saya ke Bali kali ini guna memastikan penerapan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, yaitu Bali,” kata Sandiaga, dikutip di laman kemenparekraf, Minggu (27/12/2020).

Lihat Juga: Peringati 16 Tahun Tsunami Aceh, Sandiaga Uno Akan Perkuat Kolaborasi Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi

Sandiaga Uno akan meninjau penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE (K4) di berbagai destinasi wisata lainnya di Bali. Dan akan bertemu dengan jajaran pemerintah daerah di Bali serta industri dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berdiskusi agar mendapatkan strategi terbaik ke depan.

Sandiaga Uno menyatakan optimistis tanda-tanda kebangkitan pariwisata Bali mulai terlihat. Di tengah pandemi, sejak Mei 2020 tercatat kedatangan pesawat ke Bali mulai naik 10 kali lipat.

“Wisnus jumlahnya lebih banyak bahkan naik lebih dari 30 kali lipat selama periode Mei sampai November 2020 baik melalui jalur darat maupun udara,” katanya.

Lihat Juga: Presiden Jokowi Umumkan 6 Figur Baru untuk Kabinet Indonesia Maju

Ia menambahkan bahwa berdasarkan laporan yang diterimanya hingga akhir Desember 2020, rata-rata 6.000 wisatawan memasuki Bali.

“Ini blusukan, kita bisa melihat langsung standar CHSE yang sudah diinisiasi yang memang harus di chase dan cek implementasinya di lapangan. Bali menjadi semacam champion proses reaktivasi pariwisata nasional pascapandemi,” katanya.

Dalam peninjauan destinasi pertamanya, Sandiaga melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan CHSE atau K4, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Keberlangsungan Lingkungan) di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar.

“Saya ingin melaporkan, kebetulan kita lihat dengan mata kepala sendiri proses penerapan protokol kesehatan yang hanya bertambah 3 detik dari keseluruhan tahapan yang mengacu pada protokol yang sudah ditetapkan,” ujar Sandiaga.

Dirinya menyampaiakan arahan dari Presiden, bahwa kita harus berbenah kita harus menyiapkan destinasi-destinasi wisata kita karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini banyak sekali menyiapkan peluang kerja.

“Saya dengar di Bali begitu banyak yang terdampak kehilangan lapangan pekerjaan, kekurangan penghasilan dan situasi ekonomi yang sulit. Jadi ini situasi yang tentunya jadi perhatian dan prioritas kita ke depan,” kata Sandiaga.

  • Bagikan