8 Tanda Kecerdasan yang Membuktikan Anda Orang Jenius

  • Bagikan
8 Tanda Kecerdasan yang Membuktikan Anda Orang Jenius
8 Tanda Kecerdasan yang Membuktikan Anda Orang Jenius (Pexels/Andrea Piacquadio)

RAKYATNEWS.ID – Kecerdasan seseorang tidak harus berlandaskan penilaian dengan cara tes IQ (intelligence quotient) bahwa anda seorang jenius. Meski dengan cara tes IQ yang dirancang khusus untuk mengukur bakat dan kemampuan.

Sebuah Review penelitian 2016 Sumber Tepercaya menyarankan orang dengan autisme seringkali memiliki kecerdasan lebih tinggi daripada yang ditunjukkan oleh tes IQ standar. Kecerdasan ini tidak seimbang dengan cara yang dapat mempengaruhi interaksi sosial dan kinerja tugas secara negatif.

Banyak ahli percaya bahwa tes tunggal tidak dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kecerdasan, sebagian karena ada banyak jenis kecerdasan yang perlu dipertimbangkan.

Ingin tahu bagaimana kecerdasan muncul untuk Anda? Berikut adalah 8 tanda dari berbagai jenis kecerdasan.

1. Sifat Berempati

Empati, biasanya digambarkan sebagai kemampuan untuk mengalami sesuatu dari sudut pandang orang lain, adalah komponen kunci dari kecerdasan emosional .

Empati yang tinggi biasanya berarti Anda dapat merasakan saat orang sedang berjuang, seringkali melalui tanda-tanda halus dalam bahasa tubuh atau perilaku mereka. Empati juga dapat muncul sebagai tingkat pertimbangan dan penerimaan yang lebih dalam terhadap berbagai pengalaman orang lain.

2. Menghargai kesendirian

Menurut Studi 2016 Sumber Tepercaya Melihat potensi dampak persahabatan, kepadatan penduduk, dan kecerdasan terhadap kebahagiaan, orang dengan kecerdasan yang lebih besar merasa kurang puas dengan kehidupan ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dengan teman.

Jadi, Anda dapat dengan mudah memiliki beberapa hubungan dekat dan menghargai waktu yang Anda habiskan dengan orang yang Anda cintai – selama Anda punya cukup waktu untuk diri sendiri.

3. Memiliki perasaan diri yang kuat

Mengetahui apa yang Anda butuhkan dari persepsi Anda tentang sifat dan kemampuan, nilai-nilai kehidupan, tujuan dan keinginan hidup utama. Memiliki kepercayaan diri untuk membuat pilihan yang mencerminkan keyakinan Anda.

4. Selalu ingin tahu lebih banyak

Rasa ingin tahu, dalam segala bentuknya. Keingintahuan Anda mungkin juga muncul sebagai minat pada kehidupan dan pengalaman orang lain. Ciri-ciri ini, bersama dengan keterbukaan pikiran dan kesediaan untuk mempertanyakan keyakinan Anda sendiri, berada di bawah payung keterbukaan untuk mengalami, sebuah ciri kepribadian.

Dalam satu studi tahun 2016 , para peneliti mengeksplorasi faktor-faktor potensial yang mungkin mempengaruhi keterbukaan, mengamati data yang mengikuti 5.672 orang sejak lahir hingga usia 50. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang memiliki skor IQ lebih tinggi pada usia 11 cenderung menunjukkan keterbukaan yang lebih besar untuk pengalaman pada usia 50.

5. Mengamati dan mengingat

Memori kerja adalah kemampuan Anda untuk menyimpan dan bekerja dengan informasi tertentu. Menurut Studi 2010 Sumber Tepercaya, itu memiliki hubungan yang kuat dengan kecerdasan fluida.

Pemahaman yang mendalam tentang alam bahkan mungkin merupakan jenis kecerdasan, menurut Gardner. Kecerdasan naturalis mungkin muncul, misalnya, sebagai kemampuan bawaan untuk mengenali pola atau perubahan dalam lingkungan alam.

6. Dapat menangani tantangan hidup yang Anda hadapi

Hidup tidak selalu sederhana, dan beberapa orang menemukan liku-liku rumitnya lebih mudah dihadapi daripada yang lain.

Kemampuan beradaptasi adalah komponen kunci dari kecerdasan. Ini menggambarkan kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru atau mengubah peristiwa. Sifat ini juga dapat berhubungan dengan ketahanan, yaitu kemampuan Anda untuk pulih dari keterpurukan.

7. Memiliki bakat untuk menjaga perdamaian

Anda dapat membaca bahasa tubuh orang lain, yang dapat memberikan petunjuk pertama untuk konflik. Menggunakan sinyal untuk mengajukan pertanyaan dan mendengarkan dengan penuh empati untuk mendapatkan cerita lengkap dari kedua sisi.

Anda mendorong mereka yang terlibat untuk mempertimbangkan perspektif lain. Anda membantu menyusun strategi solusi potensial untuk masalah tersebut.

8. Pandai mengelola emosi

Setiap orang menghadapi emosi yang menyakitkan atau tidak diinginkan dari waktu ke waktu. Itu adalah bagian hidup yang normal. Cara Anda menangani emosi tersebut dapat menunjukkan banyak hal tentang kecerdasan emosional Anda.

Secara umum, orang dengan kecerdasan emosional tinggi dapat mengenali emosi yang kompleks, memahami bagaimana emosi tersebut mempengaruhi pilihan dan perilaku, menanggapi emosi tersebut secara produktif, melatih pengendalian diri untuk mengungkapkan perasaan pada waktu yang tepat.

Seperti aspek kecerdasan emosional lainnya, keterampilan regulasi emosional berkembang dengan latihan. Mulailah dengan tip berikut untuk pengaturan emosi yang lebih baik.


SC: healthline.com

  • Bagikan