Ini Penyebab Rambut Rontok yang Terjadi pada Wanita

  • Bagikan
Ini Penyebab Rambut Rontok yang Terjadi pada Wanita
Ini Penyebab Rambut Rontok yang Terjadi pada Wanita (pexels-Gratisography)

RAKYATNEWS.ID – Rambut adalah salah satu mahkota yang dimiliki seorang wanita. Olehnya itu, sebagian wanita rela mengeluarkan uang banyak demi merawat penampilan rambutnya agar tidak rontok.

Namun, kadang juga masalah kerontokan rambut sebagian wanita tidak menyadari dan menyepelehkan begitu saja karena dianggap wajar-wajar saja.

Padahal jika terjadi secara terus menerus, permasalahan rambut rontok ternyata patut diwaspadai.

Menurut American Academy of Dermatologists, batas normal rambut rontok per harinya tidak melebihi 100 helai. Jika jumlah rambut rontokmu setiap hari sangat banyak dan sekiranya melebihi jumlah tersebut, Kamu perlu cukup waspada.

Berikut Rakyatnews menyajikan dari berbagai sumber. Cara mengetahui penyebab terjadinya rambut kian menepis karena mengalami kerontokan.

Melakukan Program Diet

Melansir dari laman, Bright Side, Ketika Anda tidak memiliki cukup kalori, tubuh Anda mengalihkan semua energi ke fungsi penting seperti jantung dan otak Anda, meninggalkan rambut dan kulit kepala.

Diet bisa mengejutkan hormon Anda dan sering kali menyebabkan rambut menipis dan rontok, sementara rambut baru tidak tumbuh untuk menggantikannya.

Faktanya, salah satu gejala utama anoreksia, dan banyak gangguan makan lainnya, adalah kerontokan rambut yang parah.

Kontak langsung dengan Sinar matahari

Saat anda bepergian atau berada diluar rumah tanpa menutupi kepala (Topi) dan semacamnya. Sinar UV matahari mulai menggerogoti elastisitas dan kekuatan rambut Anda.

Panas yang berkepanjangan dan paparan sinar matahari dapat mengeringkan rambut dan kulit kepala serta merusak kutikula dan serat rambut, sehingga menyebabkan rambut rapuh yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Mengikat rambut dengan ketat

Mengikat rambut dengan ketat juga menimbulkan ketegangan yang besar dan konstan pada folikel rambut di dekat akar. Ini memaksa rambut keluar dari folikel sebelum waktunya, yang menyebabkan penipisan dan jaringan parut. Dalam kasus ekstrim, ini dapat menyebabkan alopecia traksi , suatu kondisi yang selamanya melemahkan folikel dan membuat rambut tidak mungkin tumbuh.

Sering menggunakan pengering rambut

Rol panas atau pengering rambut juga menjadi pemicu terjadinya rambut Anda rontok. Suhu tinggi menghilangkan minyak dan protein dari rambut dan kutikula pelindungnya, mengganggu keseimbangan kelembapan dan menyebabkan kerusakan dan penipisan.

Anemia

Mengutip dari tresemme.com, menerangkan penyebab rambut rontok berlebih juga bisa disebabkan oleh penyakit anemia. Gangguan kesehatan ini muncul akibat kurangnya asupan zat besi dalam tubuh, yang mengakibatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah juga ikut menurun.

Kondisi ini memengaruhi kandungan feritin dalam rambut yang berperan penting untuk pertumbuhannya. Tidak heran jika seseorang yang mengalami anemia juga lebih mudah mengalami masalah kerontokan rambut.

Lupus

Kerontokan rambut yang tidak wajar juga bisa disebabkan oleh penyakit lupus. Pada penderita lupus, beberapa bagian kulit mudah mengalami peradangan, termasuk kulit kepala. Peradangan pada kulit kepala inilah yang menyebabkan rambut mudah rontok.

  • Bagikan