Instruksi Trump ke 9 Raksasa Teknologi, Salah Satunya Facebook-WhatsApp

  • Bagikan
Instruksi Trump ke 9 Raksasa Teknologi, Salah Satunya Facebook-WhatsApp
Instruksi Trump ke 9 Raksasa Teknologi, Salah Satunya Facebook-WhatsApp

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Sembilan raksasa teknologi yakni Amazon, Tiktok, Discord, Facebook beserta anak usahanya WhatsApp, Reddit, Snap, dan Youtube, dimintai informasi soal pengumpulan dan penggunaan data pengguna oleh Federal Trade Commision Amerika Serikat.

Semua perusahaan itu harus merespon permintaan tersebut 45 hari setelah menerimanya.

Melansir dari, CNBC Internasional, Selasa (15/12/2020). Selain penggunaan data, lembaga itu juga meminta seluruh perusahan memberi tahu cara mereka menentukan penayangan iklan pada setiap pengguna. Apakah melalui algoritma serta bagaimana praktik data memengaruhi anak-anak dan remaja.

Terkait permintaan FTC itu, Twitter memastikan perusahaannya akan memberikan informasi yang diperlukan.

“Kami bekerja, selalu, untuk memastikan jika FTC memiliki informasi yang diinginkan untuk mengerti bagaimana operasional layanan Twitter,” ungkap juru bicara Twitter.

Hal yang sama juga diungkapkan Discord. Platform pesan singkat itu memastikan jika pihaknya melakukan penanganan privasi pengguna sangat serius.

Selain itu, pihak Discord juga menyatakan jika tidak ada iklan di dalam platform. Perusahaan mengklaim tak menghasilkan uang lewat jalur tersebut.

“Kami tidak menghasilkan uang dari iklan, menjual data pengguna untuk pengiklan atau membagikan informasi personal dengan pihak lain. Namun perusahaan memperoleh pendapatan langsung dari pengguna melalui layanan langganan bernama Nitro,” ungkapnya.

Hingga saat ini hanya dua perusahaan itu yang bersedia membuka suara perihal permintaan FTC. Platform digital lainnya belum mengeluarkan komentar apapun.

Permintaan ini datang tak lama setelah FTC juga mengajukan tuntutan pada Facebook. Lembaga itu menilai pembelian Instagram dan WhatsApp sebagai cara monopoli Facebook.


Sumber: CNBC Indonesia

  • Bagikan