Ketua KPU Sebut Rekap Partisipasi Pemilih saat Ini 77,4 Persen

  • Bagikan
Ketua KPU Sebut Rekap Partisipasi Pemilih saat Ini 77,4 Persen
Ketua KPU Sebut Rekap Partisipasi Pemilih saat Ini 77,4 Persen

GOWA, RAKYATNEWS.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupateb Gowa, Muhtar Muis, mengatakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 9 Desember lalu berjalan sukses dan lancar.

Meskipun rapat pleno belum dilakukan namun jika dilihat dari aplikasi di rekap partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa saat ini berada di angka 77,4 persen. Kita belum penetapan, tapi dari aplikasi rekap kita melebihi target yaitu 77,4 persen.

“Insya Allah hari Rabu tanggal 16 Desember kita pleno rekapitulasi tingkat kabupaten, kemudian penetapan dan pemenang menunggu surat keputusan dari MK,” ungkapnya usai mengikuti Refleksi dan Proyeksi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 se-Indonesia secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Senin (14/12).

Selain itu, perampungan surat suara di seluruh kecamatan masih terus dilakukan pihak KPU dan diperkirakan hari ini telah rampung, dimana tersisa dua kecamatan lagi.

“Hari ini semua sudah rampung, kita sisa menunggu Kecamatan Somba Opu dan Tompobulu,” jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan dengan tercapainya target partisipasi tersebut maka akan menjadi tanda suksesnya penyelenggaraan pilkada Pemkab Gowa.

“Ini berkat kerjasama seluruh pihak antara pemerintah, Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta beberapa pihak lainnya yang ikut mensukseskan Pilkada. Baru kali ini partisipasi pemilih kita diatas 70 persen apalagi di tengah pandemi Covid-19 dimana banyak masyarakat yang khawatir akan penularan Covid-19 ditambah dengan calon tunggal,” katanya.

Tak hanya itu, Adnan mengaku ini merupakan prestasi bagi Pemkab Gowa karena masuk kategori sukses dan Gowa menjadi kabupaten dengan partisipasi tertinggi di Sulsel yang melakukan Pilkada di tahun 2020.

“Dengan banyaknya masyarakat yang ikut memilih meskipun masa pandemi artinya masyarakat memiliki ekspekatsi yang tinggi terhadap Pemkab Gowa, sehingga diharapkan seluruh pejabat untuk bekerja minimal sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” Harap Adnan.

Sementara, Ketua KPU RI, Arief Budiman saat memaparkan proyeksi pilkada 2020 ini membeberkan jika dibandingkan dengan data partisipasi masyarakat Indonesia di tahun 2015 kemarin terjadi peningkatan 6,81 persen (sementara) yakni dari 69,02 persen menjadi 75,83 persen untuk data sementara di 2020.

“Untuk saat ini kita mengalami peningkatan namun belum bisa melampaui target nasional yaitu 77 persen. Namun kita masih menunggu beberapa data dari kabupaten/kota, dan provinsi yang melakukan pilkada ini, salah satunya NTT, Kalimantan Utara, dan Papua” bebernya.

Selain itu terdapat 110 daerah yang berhasil melampaui target nasional atau diatas 77 persen yakni Sumatera Utara (9 daerah) Bengkulu, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara (7 daerah), Sumatera Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan (6 daerah) dan beberapa provinsi atau daerah lainnya.

Kegiatan ini turut diikuti Forkopimda Kabupaten Gowa, Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, Kepala Badan Kesbangpol Gowa, Mappasomba dan Sekretaris BPBD Gowa, Muh Arfah.

  • Bagikan