LTMPT Akan Buka Kembali Tahapan SNMPTN 4 Januari, Cek Persyaratannya

  • Bagikan
LTMPT Akan Buka Kembali Tahapan SNMPTN 4 Januari
Ilustrasi tahapan SNMPTN 2021 (Foto: Dok. Profesi)

JAKARTA, RAKYATNEWS.ID – Tahapan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2021 akan kembali dibuka oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk calon mahasiswa baru. Tahapan yang akan diawali SNMPTN tersebut dimulai 4 Januari mendatang.

Ketua LTMPT Muhammad Nasih mengungkapkan, SNMPTN 2021 dimulai dari pendaftaran akun di LTMPT, penetapan siswa yang eligible oleh sekolah.Kemudian melakukan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) oleh sekolah, pengumuman hasil SNMPTN. Terakhir, pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN.

“SNMPTN kuotanya minimum 20 persen. Seleksinya berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan PTN. Biaya seleksinya ditanggung pemerintah,” kata Prof Nasih dalam sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN tahun 2021 secara virtual, Sabtu (12/12). Seperti dilansir, jpnn.com.

Dia menyebutkan, persyaratan sekolah yang bisa ikut dalam SNMPTN 2021 adalah harus memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN). Ketentuan akreditasi, sekolah terakreditasi A bisa mendaftarkan 40 persen siswa terbaik di sekolahnya.

Berikutnya untuk Akreditasi B, sekolah hanya bisa mendaftarkan 25 persen siswa terbaiknya. Sedangkan Akreditasi C dan lainnya, jatahnya 5 persen saja.

“Syarat lainnya, sekolah mengisi PDSS. Data siswa yang diisikan hanya yang eligel sesuai dengan ketentuan,” terang Prof Nasih.

Dia menjelaskan, PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar. PDSS juga mengakomodir kurikulum nasional 2006 KTSP dan kurikulum 2013 (sistem paket dan SKS).

“Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS,” tegas Prof Nasih.


Sumber: jpnn.com

  • Bagikan