Seorang Residivis Bone Berhasil Diamankan Tim Resmob Polres Barru

  • Bagikan
Sempat Masuk ke Hutan, Seorang Residivis Bone Diamankan Tim Resmob Polres Barru
Sempat Masuk ke Hutan, Seorang Residivis Bone Diamankan Tim Resmob Polres Barru

BARRU, RAKYATNEWS.ID – Seorang Residivis Suharman Als Suha Bin Lamma (40) warga Tabbae, Desa Benteng Tellu, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, telah diamankan oleh Tim Resmob Sat Reskrim Polres Barru bersama Opsnal Polsek Tanete Riaja dan Barru yang dipimpin langsung oleh AKP Sahyuddin.

Suharman Als Suha Bin Lamma (40) diamankan pada Rabu (2/12/20) di Banga-bangae, Desa Anabanua, Kabupaten Barru, dengan tindak pidana pencurian spesialis curnak dan Mesin Traktor/dompeng sesuai dasar laporan polisi nomor: -LP/246 /XII/2020/Sulsel/Res. Barru. TKP Kelurahan Sepee, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

AKP Sahyuddin menerangkan kronologis penangkapan berawal dari laporan Polisi tersebut diatas kemudian dilakukan serangkaian penyelidikan, dimana sebelumnya telah dilakukan pulbaket terhadap para saksi serta petunjuk awal yang ditemukan pada TKP hingga tim pun segera melakukan patroli keliling guna mencegah aksi terulang kembali disekitaran TKP.

“Saat dilakukan patroli, tim menemukan 1 unit mobil yang mencurigakan terparkir di bahu jalan, kemudian tim pun mencoba mendatangi mobil tersebut sambil menanyakan maksud tujuannya. Namun belum sempat membalas pertanyaan anggota, sopir tersebut langsung tancap gas serta mencoba menabrak anggota dan kabur meninggalkan tempat,” terangnya.

Selanjutnya kata AKP Sahyuddin, tim melakukan pengejaran untuk dihentikan, namun mobil tersebut tidak juga berhenti. Pengejaran terus dilakukan hingga mobil yang di tunggangi pelaku hilang kendali karena menabrak pohon yang berada disebelah kanan jalan dan kemudian para pelaku pun kabur lari masuk ke dalam hutan.

Tim dibantu masyarakat sekitar melakukan pencarian masuk ke dalam hutan, kurang lebih 12 jam, satu orang pelaku berhasil kita amankan. Kemudian Tim Resmob kembali menyisir hutan untuk melanjutkan pencarian dan dari hasil penyisiran tim kembali penemukan 1 orang tersangka.

“Jadi 2 diduga pelaku sudah diamankan, 2 lagi dilakukan pengejaran kehutan tempat mereka melarikan diri,” terang AKP Sahyuddin.

Dari hasil Introgasi awal yang dilakukan pelaku, Suha mengakui melakukan pencurian bersama 3 orang temannya yang msih dalam pengejaran.

Aksi pencurian tersebut pelaku dari Kabupaten Bone menuju kabupaten Barru, dengan maksud untuk melakukan pencurian dengan cara mobile. Setelah mendapatkan targetnya, pelaku pun memarkir kendaraan yang digunakannya sekitar 30 M dari rumah korban.

Kemudian para palaku mengambil BB dengan cara membuka pertama kali mesin menggunakan kunci yang telah disiapkan sebelumnya, kemudian kembali mengangkat rangka serta ban traktor ke atas mobil kemudian membawa menuju wilayah Kabupaten Soppeng untuk dijual.

AKP Sahyuddin, merincikan barang bukti yang berhasil diamankan oleh timnya, yakni 1 unit Traktor Merek Yanmar, 1 unit roda empat Jenis Daihatsu Grandmas warna silver nopol DP 8857 HD Norak : MHKP3CA1JKG111220, Nosin : 3SZDFU7476 (Yg digunakan ke TKP, 6 pasang sendal jepit (sendal para pelaku) 2 pasang baju kaos warna putih dan biru, 1 buah topi warna hitam biru, 7 buah kunci ring berbagai ukuran.(yg digunakan mencuri) 1 buah pisau dapur, Tali.

Saat ini Tim masih melakukan pencarian terhadap ke 3 teman pelaku Suha yang diduga masih berada di wilayah hutan Desa Anabanua kabupaten Barru. Suha untuk saat ini masih mengakui 1 TKP di wilayah kab. Barru namun msih sementara dalam introgasi lanjut oleh penyidik,” jelas AKP Sahyuddin.

  • Bagikan