Batuk Berkepanjangan? Ini Obatnya yang Bisa Dibuat di Rumah

  • Bagikan
Batuk Berkepanjangan Ini Obatnya yang BIsa Dibuat di Rumah
Batuk Berkepanjangan, Ini Obatnya yang BIsa Dibuat di Rumah (pixabay/nastya_gepp)

RAKYATNEWS.ID – Secara umum, batuk itu normal. Sebuah batuk dapat membantu untuk menjaga tenggorokan Anda jelas dari dahak dan iritasi lainnya. Namun, batuk berkepanjangan juga bisa menjadi gejala dari sejumlah kondisi, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Terkadang batuk bukan karena apa pun yang berhubungan dengan paru-paru Anda. Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) juga bisa menyebabkan batuk.

Anda dapat mengobati batuk karena pilek, alergi, dan infeksi sinus dengan sejumlah obat yang dijual bebas (OTC). Infeksi bakteri membutuhkan antibiotik.

Di sini kami telah membuat daftar beberapa pengobatan rumahan untuk dipertimbangkan. dilansir dari healthline.com.

Madu

Madu adalah obat tradisional untuk sakit tenggorokan. Menurut salah satu belajar Sumber Tepercaya, juga dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat OTC yang mengandung dextromethorphan (DM), pereda batuk.

Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu bisa menenangkan, sedangkan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa makan madu dengan sesendok atau mengoleskannya di atas roti untuk camilan.

Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, obat-obatan ini membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal Anda. Flora gastrointestinal adalah bakteri yang hidup di usus Anda.

Keseimbangan ini dapat mendukung fungsi sistem kekebalan di seluruh tubuh. Sebuah Studi 2015 sumber tepercaya menunjukkan penurunan jumlah orang yang mengidap infeksi saluran pernapasan atas setelah diberikan berbagai jenis probiotik, meskipun bukti masih belum meyakinkan.

Setiap produsen suplemen mungkin memiliki asupan rekomendasi harian yang berbeda. Probiotik juga ditambahkan ke beberapa jenis yogurt dan hadir dalam sup miso dan roti penghuni pertama.

Mengingat variasi probiotik yang tersedia, Anda harus berbicara dengan dokter tentang probiotik mana yang tepat untuk Anda dan kondisi Anda. Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, antara lain:

  • Sup Kedelai Jepang
  • Kol parut
  • Yogurt
  • Kefir
  • Kombucha
  • Tempe
  • Kimchi
  • Penghuni pertama

Bromelain

Anda biasanya tidak menganggap nanas sebagai obat batuk, tetapi itu mungkin karena Anda belum pernah mendengar tentang bromelain.

Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa bromelain-enzim yang hanya ditemukan di batang dan buah nanas-dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan Anda.

Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain secara maksimal, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Ada juga klaim bahwa ini dapat membantu meringankan masalah sinusitis dan alergi berbasis alergi, yang dapat menyebabkan batuk dan lendir. Namun, jumlahnya tidak cukup bukti Sumber Tepercaya untuk mendukung ini. Terkadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan.

Suplemen Bromelain tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa yang mengonsumsi pengencer darah. Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan bromelain jika Anda juga menggunakan antibiotik seperti amoksisilin, karena dapat meningkatkan penyerapan antibiotik.

Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen baru atau yang tidak dikenal.

Peppermint

Daun peppermint terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Mentol dalam peppermint menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan, membantu memecah lendir.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan meminum teh peppermint atau dengan menghirup uap peppermint dari mandi uap. Untuk mandi uap, tambahkan 3 atau 4 tetes minyak peppermint untuk setiap 5 ons air panas. Letakkan handuk di atas kepala Anda, dan tarik napas dalam-dalam langsung di atas air.

Marshmallow

Marshmallow terbuat dari Althaea officinalis , tanaman tahunan yang berbunga di musim panas. Daun dan akar jamu telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan meredakan batuk.

Tidak ada penelitian yang terkontrol dengan baik untuk mendukung klaim ini, tetapi ramuan tersebut umumnya dianggap aman.

Ramuan marshmallow mengandung lendir, yang melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan akar marshmallow sebagai teh atau dalam bentuk kapsul. Teh hangat bisa meredakan batuk yang disertai radang tenggorokan.

Akar marshmallow tidak disarankan untuk anak-anak.

Dapatkan teh akar marshmallow ataukapsul di sini.

Timi

Timi digunakan oleh beberapa orang untuk penyakit pernapasan. SatubelajarSumber Tepercayamenyarankan bahwa sari yang diekstrak dari daun thyme yang dicampur dengan ivy dapat membantu meredakan batuk serta bronkitis jangka pendek .

Daunnya mengandung senyawa yang disebut flavonoid yang mengendurkan otot tenggorokan yang terlibat dalam batuk dan mengurangi peradangan.

Anda bisa membuat teh timi di rumah menggunakan 2 sendok teh daun timi yang dihancurkan dan 1 cangkir air mendidih. Tutup cangkir, diamkan selama 10 menit, dan saring.

Garam dan Air Kumur

Meskipun pengobatannya tampak relatif sederhana, kumur garam dan air dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan Anda batuk. Mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 250 ml air hangat dapat membantu meredakan iritasi.

Perhatikan bahwa anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak terlalu pandai berkumur. Yang terbaik adalah mencoba pengobatan lain untuk kelompok usia ini.


Sumber

  • Bagikan