Puting Anda Terasa Gatal? Ini Penyebnya yang Perlu Diketahui

  • Bagikan
Puting Anda Terasa Gatal Ini Penyebnya yang Perlu Diketahui
Puting Anda Terasa Gatal? Ini Penyebnya yang Perlu Diketahui (pixabay.com)

RAKYATNEWS.ID – Puting yang gatal adalah penderitaan yang luar biasa. Tidak hanya canggung untuk menggaruk pada siang hari, tetapi pada malam hari, mereka membuat hampir tidak mungkin tidur.

Dalam kasus yang jarang terjadi, puting yang gatal adalah tanda sesuatu yang lebih serius – dan kita akan membahasnya, melansir dari webmd.com, berikut penjelasannya:

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik, juga dikenal sebagai eksim, adalah penyebab paling umum dari puting gatal. Dengan kondisi ini, rasa gatal hampir selalu muncul dan bisa menjadi parah.

Rasa gatal mungkin muncul bahkan sebelum Anda melihat ruam. Ruam bisa berupa lepuh kecil dengan cairan keluar atau pengerasan kulit. Jika Anda terus menggaruk, Anda dapat membuka kulit dari infeksi atau membuat area yang menebal akibat peradangan dan iritasi yang terus-menerus.

Pemicu lingkungan yang dapat memicu munculnya dermatitis atopik meliputi:

  • Kulit kering
  • Kontak lama dengan air
  • Pewarna atau pewangi ditambahkan ke produk kulit
  • Produk pembersih
  • Menekankan

Dokter biasanya mendiagnosis dermatitis atopik dengan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Jika diperlukan, mereka juga dapat melakukan biopsi kulit untuk menyingkirkan penyebab lainnya.

Mayoritas pengobatan dermatitis atopik adalah perawatan yang Anda terapkan langsung ke kulit, seperti krim atau salep steroid. Penting untuk menggunakan salep dan bukan losion di area ini, karena losion terkadang mengandung zat pengering yang dapat memperburuk gejala.

Salep topikal yang mungkin membantu termasuk:

  • minyak ter
  • Minyak kelapa
  • Lanolin
  • Salep A & D.

Saat rasa gatal Anda parah atau diketahui ada pemicu alergi, pil antihistamin dapat membantu. Krim hidrokortison juga bisa menjadi pilihan.

Ada juga strategi perawatan diri dan pencegahan yang dapat meredakan gejala Anda. Strategi terbaik Anda untuk menghilangkan dermatitis atopik adalah menghindari pemicunya, tetapi Anda juga harus melakukan apa yang Anda bisa untuk menjaga kelembapan di kulit Anda.

Misalnya, jangan gunakan sabun pengering, dan jangan mandi air panas dalam waktu lama. Setelah keluar dari bak mandi atau pancuran, oleskan salep ke area tersebut.

Seperti yang saya sebutkan, ada penyebab puting gatal yang lebih serius, dan penting untuk mengetahui tanda-tandanya:

Penyakit Paget

Penyakit Paget adalah bentuk kanker payudara langka yang dapat mengenai puting dan areola (area berwarna yang mengelilingi puting yang menonjol). Salah satu gejala pertama penyakit Paget bisa berupa rasa gatal atau terbakar pada puting atau areola.

Pada penyakit Paget, rasa gatal sering kali disertai dengan ruam berkerak. Ruam bersisik tidak membaik dengan krim topikal. Kanker yang lebih parah akan membentuk luka terbuka dan mungkin mengeluarkan cairan dari puting. Paget paling sering ditemukan hanya pada satu payudara dan biasanya ditemukan pada wanita berusia antara 50 dan 60 tahun.

Dokter mendiagnosis penyakit Paget dengan pemeriksaan payudara dan mammogram. Mereka mungkin juga melakukan biopsi pada puting. Setiap benjolan payudara akan dibiopsi juga. Perawatan untuk penyakit Paget adalah operasi payudara, baik pengangkatan seluruh payudara (dikenal sebagai mastektomi) atau pengangkatan hanya bagian payudara yang sakit.

Jika Anda memiliki salah satu gejala Paget’s, hubungi dokter Anda untuk evaluasi.

Namun, secara umum, puting yang gatal juga bukan sesuatu yang Anda butuhkan untuk pergi ke UGD karena rasa tidak nyaman yang pertama. Cobalah salep topikal dan antihistamin yang disebutkan di atas, dan jika gejalanya tidak kunjung membaik atau timbul ruam, konsultasikan dengan dokter Anda untuk memeriksakan semuanya secara menyeluruh.


SC: webmd.com

  • Bagikan