BPKD Gowa Gelar Bimtek Aplikasi SIMDA Keuangan tingkat Kabupaten TA.2020

  • Bagikan
Bimtek
Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Gowa, melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi SIMDA Keuangan tingkat Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020, di Hotel Gammara, Rabu (4/11).

GOWA, RAKYATNEWS.ID – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Gowa, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi SIMDA Keuangan tingkat Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020, di Hotel Gammara, Rabu (4/11) dan akan berlangsung selama dua hari yakni hingga tanggal 5 November 2020.

Kepala Bidang Akuntansi BPKD, Mahmud mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan komitmen dan pemahaman bendahara pengeluaran terhadap pengelolaan keuangan agar semakin akuntabel dan efisien, serta tersusunnya laporan keuangan Pemda sesuai peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan kegiatan ini sangat penting dilakukan terkait laporan pertanggungjawaban jelang tutup buku atau akhir tahun 2020 ini, sehingga seluruh bendahara pemerintahan baik tingkat SKPD maupun kecamatan dihadirkan untuk menyelesaikan laporan sesuai target yang ditentukan.

“Paling lambat pencairan dilakukan 25 Desember 2020 mendatang agar seluruh pertanggungjawaban bisa rampung secepat mungkin palung lambat di tanggal 10 Januari 2021 mendatang,” katanya.

Kamsina mengaku, saat ini aplikasi yang digunakan dalam penginputan telah berubah dari SIMDA menjadi SIPD atau Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sesuai dengan PP No 12 tahun 2019, sehingga pelaporan atau pertanggungjawaban keuangan tahun 2020 akan menjadi penggunaan Aplikasi SIMDA yang terakhir atau menunggu koordinasi selanjutnya antara BPKP dan Kemendagri.

“Bimtek SIMDA ini untuk terakhir dalam hal pertanggungjawaban keuangan daerah. Sedangkan pelatihan SIPD yang dilakukan beberapa waktu lalu akan terpakai pada perencanaan di tahun 2021 dan juga akhir pertanggungjawaban. Jadi SIMDA tahun ini berakhir pada pertanggungjawaban keuangan tahun 2020,” jelas Kamsina.

Ia berharap melalui bimtek ini seluruh bendahara pengeluaran bisa memperhatikan materi-materi yang akan disampaikan agar ada hasil yang menggembirakan usai mengikuti bimtek tersebut.

“Diharapkan seluruh bendahara dalam pembuatan laporan sesuai dengan apa yang diterapkan dan bisa menyelesaikan laporan pertanggungjawaban tepat waktu dan siapa saja yang menyelesaikan sebelum tanggal 10 Januari maka akan ada reward yang kami berikan,” harapnya.

  • Bagikan